Link2Sd Penjelasan Dan Tutorial

Androsource - Link2SD merupakan sebuah trik memanipulasi system agar dapat memperkecil penggunaan memori internal. prinsip kerja link2sd sama seperti shortcut pada komputer. bayangkan saja data aplikasi yang tadinya 50Mb berada pada internal memory dijadikan shortcut yang kapasitasnya menjadi 5-10Kb. applikasi yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki smartphone android dengan kapasitas memori internal yang kecil.


Langsung saja pada Tutorial kali ini ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu agar applikasi Link2Sd dapat berjalan seperti seharusnya. untuk yang pertama pastikan smartphone android anda telah ter-Root. jika belum anda dapat melihat kumpulan tutorial melakukan rooting sesuai dengan gadget kalian disini ( Rooting Tutorial ) . yang ke dua adalah anda sudah menambahkan partisi Ext. pada Sdcard anda. jika belum anda dapat melihat tutorial cara melakukan partisi pada Sd card Android. yang terakhir yaitu cukup download applikasi link2SD yang dapat anda temukan di google-play. (link2sd on google-Play) .

Tutorial Cara menggunakan Link2Sd

Pada tutorial kali ini saya mengasumsikan anda sudah melakukan semua yang saya sebutkan diatas. dan kondisi smartphone android anda sudah seperti yang saya sebutkan pada paragraf sebelumnya. langsung saja ini dia cara menggunakan Link2sd untuk melonggarkan memori internal Smartphone android anda. 
  • Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32).
  • Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD. Jika terjadi error mount script pada langkah ini, silahkan ulangi proses partisi dengan menggunakan file system yang berbeda (jika sebelumnya anda menggunakan file system ext2, silahkan ulangi partisi dengan menggunakan file sistem ext3 atau yang lainnya pada partisi kedua. Jika masih gagal, ulangi lagi partisi dengan menggunakan file system yang lain lagi).
  • Jika pada proses kedua berjalan lancar, langsung saja kita pilih aplikasi mana saja yang ingin kita pindahkan ke SD card. Sentuh softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Anda dapat langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau anda juga bisa memilih beberapa aplikasi saja dengan mencentang tanda rumput yang ada di sebelah kiri icon dari masing - masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tidak akan bisa dipindahkan.

  • Jika sudah selesai memilih apps yang ingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link

  • Pastikan anda mencentang ketiga menu yang muncul, lalu pilih OK.

  • Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah perbedaannya! Memory internal akan lebih lega karena data aplikasi yang anda pilih tadi telah dipindahkan ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey dan pilih storage info.

From Androsource Author

Tutorial Melonggarkan Memori Internal Android Dengan Link2SD kali ini bisa anda applikasikan pada setiap smartphone android dengan ketentuan seperti yang kita sebutkan diatas. 
Terima Kasih telah Membaca Artikel kami Yang berjudul "Link2SD Penjelasan Dan Tutorial" semoga dapat bermanfaat bagi androiders semua, jika ada pertanyaan, kritikan, ataupun masukan dapat anda sertakan pada kotak komentar androsource di bawah ini.

Berikan Komentarmu

Lebih baru Lebih lama