Mengatasi Brick Pada HH Android.

Brick atau biasa disebut BootLop atau Dead Boot pada android memang cukup membuat beberapa pengguna android panik dengan keadaan HH android mereka istilah Brick memang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna android tapi jika masih ada yang belum tahu apa itu brick mari sini saya kasih tau dulu. Brick adalah Error Boot pada system android yang depat menyebabkan HH android teman sekalian tidak dapat masuk kesistem atau malah tidak dapat menyala sama sekali, hal ini terjadi biasanya karena kerusakan Bootloader pada system android kita.

karena belakangan banyak yang mengalami permasalahan saat error flashing pada android mereka atau terjadi kesalahan saat melakukan Root yang dapat menyebabkan android mereka menjadi Brick.

Nah kali ini kita akan Fokus ke satu permasalahan berhubung kemarin ada rekan saya mengalami Brick karena error flashing Rom yang menyebabkan Androidnya menjadi Brick. Langsung saja Ini dia.

Tutorial Unbrick Pada Smartphone Android.

Reqruitment :

  • pastikan Pc yang akan anda gunakan Untuk Unbrick Terinstal Java. (download java disini)
  • setelah Java terinstal Download one-click-unbrick tool Disini  kemudian Extrack
Tutorial
  • Copy file OneClick.jar ke folder
     OneClick\heimdalloneclick\resources\HeimdallPackage.
  • Klik kanan oneclickloader.exe dan di run as administrator
  • Setelah proses installasi selesai, muncul OneClickUnbrick interface
  • Hubungkan HH dengan PC dan klik button unsoft brick, proses unbrick segera berjalan (pastikan USB driver sudah terinstall/untuk mengunduh driver anda bisa melihat di situs official vendor)
  • Lalu klik button unsoft brick, proses unbrick segera berjalan
Jika ternyata android anda mengalami hardbrick (dengan indikasi tidak bisa menyala atau dicharge), maka anda dapat melakukan cara ini:
  1. Cabut battery, SIM/UIM card, microSD
  2. Koneksikan kabel USB dengan komputer/laptop(disarankan, dengan alasan masih bisa menyala walaupun listrik padam)
  3. Tekan tombol sesuai android anda (contohnya ada beberapa yg menggunakan tombol vol down,ada juga tombol vol up dan down)
  4. Jika terlihat kedipan,maka ada harapan untuk hidup lagi, pastikan baterai penuh dan lakukan flash ulang(disarankan firmware bawaan)
  5. Jika tidak terlihat tanda tersebut maka ada kemungkinan anda harus meneliti hardware baik chipsetnya atau komponen lain(jika ingin lebih mudah,biasa teknisi vendor pada official service center, langsung mengambil langkah "ganti mesin")
Perlu diingat,kondisi barang setelah ganti mesin tidak sesempurna sebelum ganti, walaupun mesin tersebut baru.

12 Komentar

  1. untuk unsoft brick, menghubungkan HH ke PC itu HH tsb dalam kondisi mati atau menyala??

    BalasHapus
  2. Berulang2 nyoba tetep gagal gan.. hiks
    Solusi terakhir harus ke samsung centre nih.
    Gara2 salah flashing si mini ane matot..

    BalasHapus
  3. for black_devil : HHnya di matikan dulu lalu masuk ke download mode.

    for musthofa : bisa di jelaskan stucknya di mana lalu kesalahan apa yang terjadi pada saat flashing

    BalasHapus
  4. Gan maaf ya mau nanya dikit.. ane punya Galmin, galmin ane gak bisa masuk ke download mode dan revovery mode. udah bermacam trik ane lakuin juga gak bisa.. punya solusi gak. ane coba msuk ke RM melalui Aplikasi Boot Recovery tiba2 Galmin ana Stuck di tampilan CWM tapi CWMnya gak fungsi apa2 gan.. ada solusinya gak kira2 tanpa harus ke SSC..

    BalasHapus
  5. gan saya mau tanya.. kemaren HH saya kehujanan kena air terus aku keringin. nah habis dinyalain itu HH jadi nggak responsif banget.. di sentuh menu nggak mau..kadang malah suka pencet pencet menu sendiri..
    ada saran?

    BalasHapus
  6. gan klo di xp bisa gak pk cara ini??

    BalasHapus
  7. Gan,hh ane cross a7 star ics,gak bisa msuk ke menu home(mentok di logo cross saat nyala apa bisa pake cara agan ini)

    BalasHapus
  8. misi gan numpang konsultasi.

    Saya punya HH Samsung GTAB-P3100 dalam keadaan soft brick (layar hanya menampilkan gambar tab - segitiga kuning yang ada tanda serunya - komputer ).
    Saya sudah ikutin step by step tutorialnya diatas. Tapi saat mengeksekusi oneclickloader.exe nya saya mendapat error message pada kompi saya yang isinya :

    Adminstrative permissions are required to continue. Please right clcik the OneClickLoader.exe file in this folder and "run as administrator".

    padahal saya mengeksekusi file oneclcikloader tersebut dengan cara run as administrator. Mohon pentunjuknya gan. Thanks sebelumnya, tutorial diatas sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  9. salam kenal bro,
    ... artikelnya sangat membantu.

    tapi saya punya masalah dengan lenovo k860 saya, hh saya gak bisa nyala(restart terus-menerus) tetapi klo tersambung ke laptop bisa nyala(udah gak restart), tapi memori internal/external sama skali gak kebaca, klo mau buka/lihat storagenya selalu muncul pesan "SAYANGNYA SISTEM UI TELAH BERHENTI". hh mulai ngadat kaya gini waktu saya mau swap memori external ke internal saya salah nulis waktu ngedit file "vold.fstab"nya

    >itu gimana solusinya bro mohon berikan jurusnya... hehehe, makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  10. bro saat gue memasukan BRAVIA ANGINE di xperia miro
    dengan mengubah "permission be_photo" yg gue download di xda
    kok muncul tulisan gini : permissions change was not succes. please some file system(e.g. SD card) do not allow permission changes...

    minta bantuannya gan ??

    BalasHapus
  11. gagal gan hh ane kagak kedetek.tp ama odin ato kies detek.
    hh ane tab 2 7.0 p3100 cuma bs nyampe logo samsung.

    BalasHapus
  12. gal min s3.. driver usb detek.tp...setelah tekan soft brick d tekan apa lagi??

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama