Mengenal Kesalahan Brick pada Smartphone android

androsource -  beberapa waktu lalu ada yang bertanya kepada kami tentang perbedaan bootloop dan brick, juga softbrick dan sejenisnya, penjelasan dasarnya adalah Botloop atau Brick pada smartphone android terjadi jika ada kesalahan pada botloader yang mengakibatkan system operasi android anda tidak dapat di jalankan yang pada akhirnya akan terjadi stuck pada saat booting dan tidak dapat masuk ke system operasi android itu sendiri. berikut beberapa tipe Brick / Bootloop pada smartphone android yang di jelaskan dengan cukup singkat.


1. Bootloop
Bootloop(s) adalah failed boot paling ringan dan biasanya terjadi apabila system server memiliki masalah. Biasanya juga disebabkan oleh media server yang tak mau merespon. Biasanya bootloop dapat diatasi dengan mengganti ROM, memformat SD card, atau reflash ulang ke stock.

2. SoftBrick
Softbrick adalah bootloop yang lebih berbahaya. Softbrick dapat ditandai dengan hangnya HH pada kernel splash (tulisan Galaxy Mini SS570). Softbrick dapat diatasi dengan reflash ulang ke stock. Softbrick juga dapat dinyatakan sebagai Bootloop.

3. Hardbrick
Hardbrick 
merupakan failed boot yang cukup berbahaya. Biasanya terjadi akibat gagalnya bootloader mendeteksi kernel, atau driver kernel yang tidak kompatible dengan hardware Galaxy Mini sehingga kernel tak dapat berinteraksi dengan hardware Galaxy Mini. Hardbrick dapat diperbaiki dengan JTAG atau me-replace motherboard.

4. Failflash
Failflash 
adalah softbrick yang tidak terlalu berbahaya. Biasanya terjadi setelah reflash stock yang gagal. Failflash memiliki banyak bentuk. Namun bentuk yang paling umum adalah logo PC yang memiliki tanda seru yang terkoneksi ke HH. Dapat di fix dengan reflash stock ROM.

5. Recovery Failure
Recovery Failure adalah satu lagi bentuk softbrick. Namun kali ini HH hang di recovery dan bukan di kernel splash. Dapat diperbaiki dengan relash stock ROM.

6. Downloader Failure
Downloader Failure adalah failed boot yang mirip recovery failure namun HH hang di mode download (upgrade). Sering diperbaiki dengan JTAG, atau replace motherboard.

nah,, sudah tau kan berbagai macam tipe brick pada smartphone android, jika smartphone anda mengalami hal seperti yang telah di jelaskan diatas atau mengalami brick dimohon untuk mengetahui jenis kesalahannya dulu agar agar anda juga dapat mengerti bagaimana cara penanganannya.

Baca juga : Mengatasi BRick pada HH Android

jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang jelas dengan artikel "Mengenal Kesalahan Brick pada Smartphone android" anda dapat memberikan komentar di bawah ini agar kami dapat menjelaskannya dengan lebih baik kepada anda, terima kasih 

Berikan Komentarmu

Lebih baru Lebih lama