Optimisasi RAM pada gadget Android

Salah satu kendala yang masih menjadi bahan pembicaraan utama pada HH android adalah penggunaan Ram yang sangat besar, hal ini memang sanagat sulit untuk di hindari karena kebutuhan dari applikasi itu sendiri, dan kadang applikasi yang dijalankan terlalu berlebihan sehingga membuat kinerja HH Android anda menjadi lambat, untuk gadget dengan kapasitas Ram yang besar mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah tapi bagaimana dengan HH android yang hanya memiliki Memory RAM rendah, hal ini tentu akan sangat berpengaruh.

dalam beberapa langkah awal seorang user biasanya hanya akan mematikan applikasi yang berjalan untuk meringankan kinerja Ram Tersebut, namun bagaimana jika applikasi tersebut juga sanagat di butuhkan dalam penggunaan android user, kita tidak akan terus mematikan dan menjalankan applikasi terbut bukan, maka dari itu kita akan membahas bagaimana meningkatkan kinerja RAM pada HH android kita.

Apakah RAM itu?
RAM atau Random Access Memory merupakan hardware tempat penyimpanan data sementara sebelum di akses oleh processor, data di RAM diakses secara acak (random) dan dengan kecepatan yang sama. Karena bersifat sementara maka data dalam RAM akan hilang begitu tidak ada aliran listrik atau komputer di matikan atau direstart.
Cara melihat RAM pada android anda
cara melihat kinerja RAM pada HH Android kita hanya dengan menuju task manager dan masuk ke tab RAM, disana akan terlihat seberapa besar kinerja Android anda.


Untuk meningkatkan performa RAM, sebelumnya kita harus manage android kita dan jumlah pemakaian RAM yang ada, oleh karena itu dalam pengoptimalan RAM ada beberapa langkah yang akan kita bahas di bawah ini. 

Tutorial Meningkatkan kinerja RAM Android


  • Meningkatkan RAM dengan RAM Script Optimizer.
Yang dibutuhkan:
1.Android device yang telah mempunyai akses ROOT
2.Xplorer yang bisa mengakses root system (ES File Xplorer, Root Xplorer, etc)
3.Script RAM Optimizer download di sini

Caranya:
1.Pastikan Android kita telah di root.
2.Buka root Explorer dari ponsel Android kita. Lalu ekstrak script ram optimizer.

3.Pindahkan script ram optimizer ke dalam folder "system/etc/init.d/". Jika belum ada folder init.d kita bisa membuatnya manual namun setting hak aksesnya menjadi write dengan mengklik di pojok kanan atas aplikasi root explorer dari R.O menjadi R.W (dikarenakan beberapa ROM tidak terdapat folder init.d)
Pertama pilih folder "system" setelah itu set untuk mendapat akses write dengan klik "mount R/W" set permission "mark all"
Setelah itu klik tombol menu dan pilih "new folder"
Pindahkan script tadi ke dalam folder "init.d"
4.Jika sudah, restart Android anda dan lihatlah hasilnya.

  •  Meningkatkan kinerja RAM dengan Aplikasi RAM Manager
Dikarenakan tidak semua ROM support pada langkah I, maka anda dapat menempuh langkah II dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, RAM Manager yang dapat anda download disini ( Download RAM manager )


  • Menage Applikasi Anda
Manage aplikasi sangat penting, tanpa manage aplikasi, langkah-langkah yang anda tempuh di atas kurang lengkap. Karena aplikasi yang berjalan di belakang system sangat lah berpengaruh terhadap kinerja RAM anda.
Hapuslah aplikasi yang tidak anda gunakan, selain memperbesar storage juga akan mempengaruhi kinerja RAM karena beberapa aplikasi berjalan di balik system RAM, selain itu storage yang besar juga akan berpengaruh untuk menyimpan cache sementara dalam membantu kinerja RAM. Oleh karena itu janganlah anda penuhi storage anda khususnya internal storage.
Written by: Andi Haidar
Androsource, Updated at: Selasa, September 11, 2012

Poskan Komentar