Developed Android Apps. (part.1)

mungkin sudah banyak situs-situs yang menyediakan instan aplication builder for android. nah jadi kita tidak akan membahas situs-situs seperti itu. saya akan membahas lebih spesifik bagaimana membuat sebuah aplikasi android mulai dari NOL.

sebelum membuat aplikasinya mari kita bahas lebih dalam apa itu android.

Android adalah sistem operasi  untuk  mobile device  yang awalnya dikembangkan oleh Android Inc.,
Perusahaan  ini  kemudian dibeli  oleh Google pada  tahun 2005.  Android dibuat  berdasarkan kernel
Linux yang dimodifikasi. Aplikasi  Android ditulis  dengan bahasa  Java,  menggunakan  Java Core Libraries.  Aplikasi  Android dijalankan di atas VM bernama Dalvik Virtual Machine.

mungkin pengertian diatas sudah memberi sedikit gambaran bagaimana membuat aplikasinya menggunakan java programing.

1. mempersiapkan perlengkapan perang. (take your machine ready for developed)

Sebelum mengunduh Android SDK, pastikan di komputer anda sudah terinstall JDK versi 5 atau 6 dan Eclipse versi 3.4 atau 3.5.

Eclipse hanya dibutuhkan apabila kita ingin mengembangkan aplikasi dengan bantuan sebuah plugin
Eclipse yang bernama Android Development Tools (ADT).
Sebenarnya kita bebas memilih text   editor  apapun,   tetapi   menggunakan   Eclipse   adalah   teknik   yang   paling   cepat   dan direkomendasikan.   Eclipse   dapat   diunduh   dari  http://www.eclipse.org/downloads.   Versi   yang direkomendasikan adalah “Eclipse  for Java Developers” atau “Eclipse  for RCP Developers”.  Untuk versi   3.5,   versi   yang   direkomendasikan   adalah   “Eclipse   Classic”.   Pada   tutorial   ini,   kita   akan menggunakan Eclipse.Tidak direkomendasikan menggunakan Eclipse 3.6 Helios karena ada sedikit  masalah dengan ADT plugin.  Gunakan   Eclipse   3.4  Ganymede   atau   3.5  Galileo.   Pastikan   juga   Eclipse  memiliki   Java Development Tools (JDT), biasanya JDT sudah terdapat pada kebanyakan paket Eclipse. JDK   bersifat   wajib.   JRE   saja   tidak   mencukupi.   JDK   dapat   diunduh   dari http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp.

Download Android SDK starter package dari http://code.google.com/p/softy-warely/downloads/detail?name=android-sdk_r07-windows.zip&can=2&q=
Kemudian unzip.Android SDK starter package belum memasuki lingkungan pengembangan (development environment) yang lengkap. Ia hanya berisi alat-alat (tools) utama saja. Dengan Android SDK starter package inilah nantinya kita akan mengunduh alat yang lainnya. Setelah  membongkar   (unzip),   simpan   direktori   di   tempat   yang   nyaman,   misalkan  C:\Program Files\android-sdk-windows. Kita perlu untuk merujuk kembali alamat direktori ini nanti.

Menginstall ADT untuk Eclipse.

  1. Buka Eclipse, klik Help > Install New Software.
  2.  Pada dialog Available Software yang terbuka klik Add...
  3.  Pada  dialog  Add  Site   yang  muncul,  masukan   nama   remote   site  (contoh:  Android  Plugin)  pada Name  field.  Pada Location  field,  masukkan URL berikut:  https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/. Klik OK dan tunggu sampai “pending” selesai.
  4. Kembali ke Available Software view, seharusnya kita bisa melihat “Developer Tools”
    tertambah   pada   daftar.   Centang   checkbox   pada  Developer   Tools  yang   secara
    otomatis mencentang pula Android DDMS dan Android Development Tools. Klik Next
    dan tunggu sebentar.
  5.  Pada dialog Install Detail yang muncul, Android DDMS and Android Development Tools
    features seharusnya terdaftar. Klik  I accept ... untuk menyetujui perjanjian lisensi
    kemudian klik Finish. Tunggu sampai proses fetching selesai.
  6.   Mulai ulang (restart) Eclipse.
Jika anda mengalami masalah saat mengunduh plugin pada langkah nomor 3, coba ganti https dengan http. Jika muncul warning pada langkah 5, klik bahwa kita mempercayai paket yang diunduh.

nah sepertinya perlengkapan sudah cukup lengkap untuk mulai membangun aplikasi androidmu sendiri. untuk mulai membangun aplikasi berbasis android saya akan jelaskan pada tutorial selanjutnya (Developed Android Apps. (part2).

Berikan Komentarmu

Lebih baru Lebih lama