Android 4.1 ( Jelly Bean )

Android 4.1 dengan Code name Jelly Bean Menjadi topik Utama pada pembukaan Google I/O bulan juni lalu. sistem operasi android terbaru ini telah dirilis kepada para developer dan vendor perangkat android baik smartphone dan tablet. sedangkan pada tablet besutan google yang telah menjalin kerjasama dengan vendor hardware ASUS yang telah mengeluarkan tablet Goggle Nexus 7 telah lebih dulu menggunakan system operasi terbaru ini ( Android 4.1 Jelly Bean ).

Dalam pernyataan di atas panggung, Google mengumumkan bahwa ada lebih dari 400 juta perangkat Android yang diaktivasi, naik sekitar 300 juta unit sejak ajang Google I/O tahun 2011 lalu. Jumlah tersebut berarti ada sekitar 1 juta perangkat Android yang diaktivasi setiap harinya, meningkat 600.000 unit dari tahun lalu. Dalam demonstrasi singkat yang ditunjukkan diatas panggung, Google menunjukkan beberapa fitur baru dan keunggulan yang dimiliki Android 4.1 Jelly Bean.

Beberapa Upgrade Yang telah Dilakukan Google Pada Android 4.1 Jelly Bean.

1. Project Butter

Project Butter adalah code name  untuk sebuah proyek yang dilakukan oleh Google untuk meningkatkan kemampuan dan fitur antarmuka pada Android 4.1 Jelly Bean. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan sistem operasi tersebut untuk memanfaatkan resource dari hardware yang dipakai pada sebuah perangkat Android. Salah satunya adalah peningkatan frame rate yang mencapai 60 fps, artinya pergerakan animasi pada layar akan menjadi lebih mulus dari sebelumnya.
Efisiensi kinerja CPU juga diutamakan pada Android 4.1 Jelly Bean sehingga akan lebih hemat daya. Sedangkan teknologi “Triple buffer” untuk menggabungkan kinerja dari hardware, prosesor dan pengolah grafis sehingga menjadi lebih cepat.

2. Input teks

Google telah meningkatkan kemampuan input teks pada Android 4.1 Jelly Bean tidak hanya pada pengetikan dengan sentuhan tetapi juga dengan pengetikan dengan perintah suara yang lebih baik. Android 4.1 Jelly Bean mendukung 180 bahasa dan keyboard bawaannya mempunyai kemampuan prediksi teks yang lebih baik.

3. Kamera

Android 4.1 Jelly Bean mendapat update untuk fungsi pengelolaan foto hasil jepretan kamera, termasuk kemampuan untuk mengakses galeri foto dengan lebih cepat. Sharing foto juga bisa dilakukan dengan cepat. Fitur untuk menghapus sebuah foto juga sangat mudah, cukup dengan menyapukan jari keatas.

4. Android Beam 

Android 4.1 Jelly Bean Juga melakukan pengembangan terhadap aplikasi penukaran data terhadap sesama smartphone / tablet android yang lebih dulu dikembangkan oleh developer samsung yang keluar bersama smartphone terbaru galaxy S III dengan code name SBeam. kini pada Android 4.1 Jelly Bean juga mengeluarkan applikasi bawaan serupa dengan code name Android Beam

5. Notification

Google Juga melakukan pengembangan terhadap fitur Notification pada Android 4.1 Jelly Bean pada interface notification, setiap Notif ( pemberitahuan ) yang muncul dapat langsung di tindak lanjuti pada layar interface notification, seperti contoh ; notification Missed call yang muncul akan disertakan langsung fitur call back dan send Message bersamaan dengan munculnya pemberitahuan itul, interface notification juga di buat lebih rapih dengan fitur image. 

6. Google Search

Google Tidak akan pernah melupakan hal yang satu ini, dalam Android 4.1 Jelly Bean. developer android benar benar melakukan perombakan besar besaran pada fitur yang satu ini, sistem pencarian akan jauh lebih mudah dengan voice input, dan dengan interface baru, selain itu juga pada saat pencaarian dilakukan kita tidak lagi mendapati link link tua yang polos tapi juga bisa menampilkan view sebuah situs sebelum di buka, interfacenya dirancang dengan sangat baik dan menarik. 

7. Google NOW

Sebuah Aplikasi yang sangat Mirip Dengan Fitur SIRI pada Iphone tapi jangan ragukan kemampuannya yang di sebut sebut jauh lebih baik bahkan salah satu developer google pada konferensi google I/O mengatakan Google Now jauh Lebih mirip sebagai asisten pribadi daripada sebuah applikasi, perkataan semacam ini tidak terlontar begitu saja, kemampuan google Now memang sangat baik dibanding apps Siri pada Iphone OS.6 penjelasan lebih lanjut tentang googleNOW akan saya bahas pada postingan berikutnya stay watch Guys. 

Nah Inilah beberapa Upgrade yang dilakukan oleh Google pada operating system Android 4.1 Jelly Bean.

Berikan Komentarmu

Lebih baru Lebih lama